SELAMAT DATANG

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh............ Pengunjung yang budiman Dengan adanya Blog ini kami bermaksud ingin memberikan informasi mengenai LDII khususnya di Demak. mulai dari Program dan kegiatan2 yang dilakukannya. Mudah2an Blog ini bisa menjadi suatu media untuk mendapatkan informasi yang berimbang mengenai LDII sehingga pengunjung bisa memberikan penilaian yang obyektif mengenai LDII tidak hanya dari satu sumber saja. Akhirnya kita tetap bisa mewujudkan ukhuwah islamiyah, dan tidak mudah terprovokasi. Amiiin...

Selasa, 29 November 2011

seputar kegiatan ldii demak

      A.  Status Wilayah Administrative Pemerintahan Kabupaten Demak

Berdasarkan wilayah administrasi pemerintahan Kabupaten Demak meliputi 14  Kecamatan. Sedangkan untuk DPD LDII Kabupaten Demak  saat ini mempunyai 10 PC LDII, antara lain:
1.PC Demak kota
2.PC Wonosalam
3.PC Karanganyar
4.PC Sayung
5.PC Karang Tengah
6.PC Guntur
7.PC Gajah
8.PC Bonang
9.PC Mranggen
10.PC Karangawen


B.Kegiatan organisasi di masing-masing pc/pac
kegiatan rutin  pengajian
1.mengadakan pengajian ditempat masing-masing pc/pac yang sudah ditentukan tempat dan waktunya
  • untuk pc demak kota pengajian bisa di   pac bintoro,pac bhayangkara dan  pac cabean
  • untuk pc wonosalam pengajian bisa di pac kuncir dan pac pilang rejo
  • untuk pc karanganyar pengajian di pac karanganyar
  • untuk pc sayung pengajian bisa di pac perum raden patah
  • untuk pc karang tengah pengajian bisa  di pac kedunguter
  • untuk pc guntur pengajian bisa dipac pamongan,pac sambi,belo,pac wonorejo
  • untuk pc gajah pengajian di pac jatisono
  • untuk pc bonang pengajian bisa di pac  bonang
  • untuk pc mranggen pengajian bisa di pac kembang arum,pac pucang gading dan pac kebon batur
  • untuk pc karangawen pengajian bisa di pac karangawen
2.mengadakan pengajian ibu-ibu,di adakan setiap bulan sekali
3.mengadakan pengajian remaja sebulan sekali
4.mengadakan pengajian umum sebulan sekali
5.mengadakan pengajian forum unik(usia nikah)
6.mengadakan pengajian cabe rawit,pra remaja setiap hari
7.mengadakan pengajian untuk para pengajar
pengajian diikuti warga ldii dan warga sekitar yang simpatisan
  •  . Pengajian kelompok tingkat PAC
Pengajian ini diadakan rutin 2 – 3 hari dalam seminggu di masjid-masjid, mushalla-mushala atau surau-surau yang ada hampir di setiap desa di Indonesia. Setiap kelompok PAC biasanya terdiri 50 sampai 100 orang jamaah. Materi pengajian di tingkat kelompok ini yaitu Quran (bacaan, terjemahan dan keterangan), hadist-hadist himpunan, dan nasihat agama. Dalam forum ini pula jamaah LDII diajari hafalan-hafalan doa, dalil-dalil Quran Hadist dan hafalan surat–surat pendek AL Quran. Dalam forum pengajian kelompok tingkat PAC ini jamaah juga dikoreksi amalan ibadahnya seperti praktek berwudu dan shalat.
  • . Pengajian Cabe rawit
Pengembangan mental agama dan akhlakul karimah jamaah dimulai sejak usia dini. Masa kanak-kanak merupakan pondasi utama dalam pembentukan keimanan dan akhlak umat, sebab pada usia dini seorang anak mudah dibentuk dan diarahkan. Pengajian Cabe rawit diadakan setiap hari di setiap kelompok pengajian LDII dengan materi antara lain bacaan iqro’, menulis pegon, hafalan doa-doa, dan surat-surat pendek Al Quran. Forum pengajian Caberawit juga diselingi dengan rekreasi dan bermain.
  • . Pengajian Muda-mudi
Muda-mudi atau usia remaja perlu mendapat perhatian khusus dalam pembinaan mental agama. Pada usia ini pola pikir anak mulai berkembang dan pengaruh negatif pergaulan dan lingkungan semakin kuat. Karena itu pada masa ini perlu menjaga dan membentengi para remaja dengan kefahaman agama yang memadai agar generasi muda LDII tidak terjerumus dalam perbuatan maksiat, dosa-dosa dan pelanggaran agama yang dapat merugikan masa depan mereka. Sebagai bentuk kesungguhan dalam membina generasi muda, LDII telah membentuk Tim Penggerak Pembina Generus (TPPG) yang terdiri dari pakar pendidikan dan ahli psikologi. Pembinaan generasi muda dalam LDII setidaknya memiliki 3 sasaran yaitu:

- Menjadikan generasi muda yang sholeh, alim (banyak ilmunya) dan fakih dalam beribadah.
- Menjadikan generasi muda yang berakhlakul karimah (berbudi pekerti luhur), berwatak jujur, amanah, sopan dan hormat kepada orang tua dan orang lain
- Menjadikan generasi muda yang tertib, disiplin, trampil dalam bekerja dan bisa hidup mandiri

  • . Pengajian Wanita/ibu-ibu
Para wanita, ibu-ibu dan remaja putri perlu diberi wadah khusus dalam pembinaan keimanan dan peningkatan kepahaman agama, mengingat kebanyakan penghuni neraka adalah kaum ibu/wanita. Sabda Rasulullah SAW:
"Diperlihatkan padaku Neraka, maka ketika itu kebanyakan penghuninya adalah wanita." Hadist riwayat Bukhori dalam Kitabu al-Imaan
Selain itu banyak persoalan khusus dalam agama Islam menyangkut peran wanita dan para ibu. Haid, kehamilan, nifas, bersuci (menjaga najis), mendidik dan membina anak, melayani dan mengelola keluarga merupakan persoalan khusus wanita dan ibu-ibu. Disamping memberikan kerampilan beribadah forum pengajian Wanita / ibu-ibu LDII juga memberikan pengetahuan dan ketrampilan praktis tentang keputrian yang berguna untuk bekal hidup sehari-hari dan menunjang penghasilan keluarga.

  • . Pengajian Umum
Pengajian umum merupakan forum gabungan antara beberapa jamaah PAC dan PC LDII. Pengajian ini juga merupakan wadah silaturahim antar jamaah LDII untuk membina kerukunan dan kekompakan antar jamaah.
Semua pengajian LDII bersifat terbuka untuk umum, siapapun boleh datang mengikuti setiap pengajian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.


materi
 materi secara umum adalah al-qur'an dan al-hadist yang susuai dengan ad/art ldii dan tujuan organisasi
pengajar
pengajar dari mubaligh dan mubalighot tugasan dari ldii pusat yang telah berijazah,  dan para da,i beserta kyai dan alim ulama setempat.
 
kegiatan olah raga
1.mengadakan kegiatan sepak bola di masing-masing pc
2.mengadakan kegiatan bela diri /pencak silat dengan naungan persinas asad
3.mengadakan sepeda santai
4.mengadakan senam barokah

kegiatan kemasyarakatan
1.mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan bersama warga
2.mengadakan penyuluhan kesehatan yang dilaksanakan oleh taem kesehatan ldii kabupaten demak
3.mengadakan penyuluhan tentang kemandirian
4.mengadakan kamtibmas